7 Fakta Gochujang, Saus Pedas Korea. Ada yang Halal MUI

7 Fakta Gochujang, Saus Pedas Korea. Ada yang Halal MUI

Beberapa makanan Korea hadir dengan warna merah merona yang membangkitkan selera. Warna merah tersebut berasal dari Gochujang, pasta cabai khas Korea yang rasanya pedas. Selain rasanya ada fakta unik mengenai gochujang, termasuk fakta mengenai halal tidaknya gochujang!


1.Gochujang terbuat dari beras yang dicampur dengan bubuk fermentasi kedelai, berbagai bumbu termasuk garam, dan bubuk cabai merah. Bahan-bahan tersebut dicampur dan difermentasi dalam jangka waktu tertentu. Menghasilkan pasta bertekstur kental, berwarna merah dan pedas. 


2.Karena dalam proses pembuatannya gochujang menggunakan proses fermentasi yang menghasilkan alkohol, maka pertanyaan apakah gochujang halal atau tidak pun bermunculan. Gochujang memiliki titik kritis dari kehalalan. Karena itu Muti Arintawati dari LPPOM MUI mengingatkan agar selalu memperhatikan logo halal saat membeli gochujang atau saat makan di restoran Korea. 


3.Gochujang hadir hampir dalam semua kuliner Korea populer. Sebut saja Topoki (kue beras), Bibimbap, Kimchi, hingga Nakji Bokkeum (nasi dengan tumis gurita). 




4.Rasa pedas dalam saus gochujang berbeda dari pedas sambal yang biasa orang Indonesia makan. Rasanya tidak menggigit seperti sambal, tapi ada rasa manis, asin dan asam dalam sausnya.


5.Di Indonesia saus gochujang yang bersertifikat halal MUI sudah banyak ditawarkan di pasaran. Salah satunya adalah Saus Gochujang Kikkoman. Dijual dalam botol kaca 300gr seharga sekitar Rp.23.000,-.


6.Saus gochujang Kikkoman bisa langsung dituang ke nasi panas bersama telur mata sapi, atau bisa juga sebagai saus bumbu nasi goreng. Kamu juga bisa memakai saus gochujang ini sebagai bumbu kimchi. Tinggal campurkan saus dengan sawi putih atau timun. Rasa pedas dan asam akan memberikan rasa yang menyegarkan. 



7.Saus gochujang lainnya yang sudah memiliki sertifikat halal MUI adalah dari Mokgo Food. Bahkan Mokgo Food merupakan produsen Gochujang Halal pertama di Asia Tenggara. Mokgo Food menjual saus gochujang dengan berbagai leves pedas, ada yang mild hot dan extreme hot.


Asri

Foto: wikipedia, kikkoman, mokgofood