7 Cemilan Tradisional Indonesia yang Nggak Kalah Enak dengan Cemilan Hits

7 Cemilan Tradisional Indonesia yang Nggak Kalah Enak dengan Cemilan Hits

Indonesia memang juara kalau urusan makanan. Selain makanan berat, seperti gudeg, mie aceh dan lainnya, Indonesia juga punya makanan cemilan yang enak banget. Rasanya nggak kalah enak dengan cemilan hits yang sekarang banyak ditemui. Berikut 7 cemilan tradisional Indonesia yang rasanya nggak kalah enak dengan cemilan hits zaman now.

 

1.        Klepon

Bentuknya bulat, berwarna hijau dan “diselimuti” oleh parutan kelapa. Bila digigit ada lelehan gula merah yang akan langsung mengalir di mulut. Kue Klepon dibuat dari tepung beras ketan, gula merah dan kelapa. 


 

2.        Cilok

Cemilan dari daerah Jawa Barat ini berbentuk bulat. Cilok ada yang memiliki isi (seperti ayam cincang, lemak sapi juga keju), ada juga yang tidak. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan diberi kecap manis. Bahan dasar cilok adalah tepung tapioka.


 

3.        Cireng

Makanan ini masih “bersaudara” dengan cilok. Alasannya adalah karena cireng sama-sama terbuat dari tepung tapioka seperti cilok. Hanya saja, cilok dibentuk bulat dan direbus, sementara cireng dibentuk pipih dan digoreng. Cireng bisa dimakan dengan bumbu kacang atau dicelup pada saus sambal saja. 


 

4.        Biji Salak

Makanan yang naik daun ketika Ramadhan tiba ini memang menjadi salah satu menu takjil favorit. Makanan yang terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat seperti biji salak ini memiliki rasa manis dan gurih dari saus kelapa. Rasanya sangat melekat dilidah. 


 

5.        Kue Lapis

Kue tradisional yang satu ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Warna-warni mencolok membuat kita ingin mencicipi kue yang terbuat dari campuran tepung kanji, tepung beras, santan, gula dan pewarna makanan.


 

6.        Serabi

Ada dua jenis serabi di Indonesia, serabi manis dan asin. Serabi manis disajikan dengan gula merah cair. Sementara serabi asin yang biasa ditemukan di Bandung, disajikan dengan taburan oncom di atasnya. Mengikuti perkembangan zaman, serabi asin juga hadir dengan taburan keju, sosis juga telur ayam.


 

7.          Singkong Goreng

Cemilan ini merupakan cemilan tradisional paling sederhana, namun rasanya tidak kalah enak. Singkong yang sudah dikupas, dipotong-potong dan digoreng (bisa juga direbus). Cocok untuk teman minum teh di sore hari. Kini, singkong goreng banyak disajikan dengan berbagai topping, misalnya keju parut.



Asri Mirza

Foto: Asri