7 Alasan Kenapa Harus Jalan-jalan di Indonesia Saja

7 Alasan Kenapa Harus Jalan-jalan di Indonesia Saja

Berbulan-bulan di rumah saja tentu membuat kita rindu traveling. Di masa pandemi ini, kita harus bijak saat memutuskan untuk traveling. Selain harus menaati protokol kesehatan, sebaiknya jalan-jalan ke tempat yang dekat dulu. 


Tak usah jauh-jauh ke luar negeri, kita bisa berwisata di Indonesia. Pengalaman liburan yang menyenangkan tetap bisa didapat. Berikut 7 alasan kenapa kamu harus jalan-jalan #DiIndonesiaAja!


1.Mulai dari Destinasi, Kuliner, hingga Berbagai Atraksi Bisa Ditemukan di Indonesia!


Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan kebudayaan, keindahan, serta sumber daya alam yang melimpah ruah. Tak heran, negeri kita ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan mancanegara kepincut untuk datang ke Indonesia, baik untuk mempelajari kebudayaan maupun untuk sekadar liburan dan menikmati panorama indah. 


Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai  dari wisata alam seperti pantai, hutan, gunung, dan laut, wisata sejarah dan edukasi, hingga wisata religi. 




Jangan lupakan wisata kuliner! Indonesia memiliki banyak ragam makanan khas, baik makanan tradisional maupun jajanan kekinian yang tengah populer di kalangan masyarakat. Tak hanya itu, ragam atraksi yang seru dan menyenangkan pun siap memberikan pengalaman liburan yang luar biasa.


2.Bantu Perekonomian Lokal Cepat Pulih dari Pandemi

 

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap PDB Indonesia. Sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini, pertumbuhan sektor pariwisata mengalami penurunan dan stagnasi. 


Oleh karena itu, dengan mulai melakukan perjalanan wisata #DiIndonesiaAja, kita dapat membantu perekonomian lokal menjadi cepat pulih dan tentunya membantu melumasi roda perekonomian nasional. Dengan begitu, beragam subsektor seperti perhotelan, transportasi, dan industri UMKM dapat kembali tumbuh dan bergeliat.


3.Lebih Hemat dan Tak Perlu Menabung Lama-lama

 

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam dan menabung terlalu lama, kita dapat segera mewujudkan daftar impian untuk liburan yang seru dan menyenangkan. Ongkos transportasi dan akomodasi yang menggunakan rupiah tentu akan lebih hemat dibandingkan berwisata di negara lain. 


4.Tanpa Paspor dan Visa, Sudah Bisa Liburan


Selain perlu mengumpulkan uang yang tak sedikit, liburan ke luar negeri juga mengharuskan kita untuk mengurus paspor dan visa sebagai persyaratan administratif. Dengan berwisata di Indonesia, kita tidak perlu dihadapkan dengan persyaratan-persyaratan tersebut. 


Selain itu, kita pun tak perlu ribet menukarkan mata uang. Hanya perlu membawa uang rupiah secukupnya dan menentukan daftar destinasi yang ingin dikunjungi, bisa langsung berkemas dan berangkat berwisata!


5.Bisa Ajak Keluarga Besar Liburan Bareng 


Liburan bersama keluarga tentunya menjadi momen yang didambakan oleh banyak orang. Dengan berlibur bersama, bukan hanya dapat menghilangkan stres dan penat, dapat juga memperkuat keakraban dan kehangatan sebagai satu keluarga. 


Untuk berlibur bersama keluarga ke luar negeri sepertinya menjadi perkara yang sulit, karena jumlah orang yang hendak berlibur dan uang yang perlu disiapkan pun tak sedikit. Dengan berwisata domestik, ajaklah orang tua, sepupu, atau bahkan keponakan untuk berlibur bersama. Pasti lebih seru!


6.Banyak Spot Foto Indah untuk Mempercantik Feed di Instagram


Ingin mendapatkan foto-foto keren nan ciamik untuk mengisi feed Instagram? Tak perlu jauh-jauh ke Eropa atau pergi ke belahan dunia lainnya, karena kita bisa mendapatkan semuanya di Indonesia! 




Berkat kecantikan alamnya, Indonesia memiliki banyak ragam spot foto instagrammable untuk mempercantik koleksi foto-foto. Sebut saja, Pura Luhur Lempuyang, Diamond Beach, Gili Trawangan, Tanah Lot, Gunung Bromo, dan destinasi wisata lainnya di Indonesia.


7.Bisa Menjadi Pahlawan untuk Indonesia 


Di tengah situasi yang tak menentu akibat wabah Covid-19, sektor pariwisata dan perekonomian seluruh negara di dunia mengalami penurunan. Nah, dengan  berwisata #DiIndonesiaAja, kita turut berkontribusi bagi bangsa dan menjadi pahlawan bagi Indonesia. 


Mengapa? Semakin meningkatnya mobilitas wisatawan, aktivitas ekonomi akan dapat kembali berjalan sehingga mempercepat sektor pariwisata untuk pulih kembali. 


Sumber: Indonesia.travel

Foto: Asri, Agung