6 Fakta Nami Island, Pulau Cantik yang Ramah Turis Muslim

6 Fakta Nami Island, Pulau Cantik yang Ramah Turis Muslim

Mengunjungi Seoul, Ibukota Korea Selatan, kurang lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke pulau cantik yang bisa ditempuh kurang lebih 90 menit dari Seoul ini. Nami Island, selain memiliki pemandangan alam yang cantik, pulau ini juga sangat ramah menyambut turis muslim. Terbukti dengan tersedianya restoran bersertifikat halal, serta mushola untuk tempat beribadah umat Muslim. Berikut adalah 6 fakta menarik mengenai Nami Island!

 

  • Memiliki Kebijakan Diplomasi dan Kebudayaan Sendiri

Nami Island dikenal juga dengan nama Republik Naminara, pada 2006 mendeklarasikan kemerdekaannya dari Korea Selatan. Karena itu, ketika akan masuk ke Nami Island, pengunjung diwajibkan memiliki visa untuk masuk pulau ini. Padahal, visa tersebut adalah biaya untuk tiket feri sebesar 13.000 Won atau sekitar Rp.180.000 yang akan mengantar pengunjung ke Nami Island.



 

  • Punya Bendera Sendiri

Karena telah merdeka dari Korea, maka Nami Island memiliki kebijakan diplomasi dan kebudayaan sendiri. Termasuk memiliki bendera, lagu nasional, paspor, visa, mata uang serta sertifikat kewarganegaraan sendiri.

 

  • Terkenal Berkat Winter Sonata

Winter Sonata adalah drama Korea yang rilis pada tahun 2002. Drama ini sangat populer di Korea dan juga Asia. Winter Sonata juga menjadi salah satu drama yang membuat demam Hallyu atau demam Korea makin menyebar. Nami Island menjadi tempat lokasi drama ini. Karena itu, ada beberapa lokasi yang ditandai sebagai tempat syuting Winter Sonata. Seperti jembatan yang menjadi lokasi pertemuan pertama. Di Nami Island, pengunjung juga akan melihat patung dua pemeran utama Winter Sonata.

 

  • Didatangi Lebih dari 1 Juta Turis Setiap Tahun

Pada tahun 2016, Nami Island telah dikunjungi oleh 1,3 juta turis dari 120 negara. Tidak heran bila Nami Island menyambut turis dengan berbagai bahasa di “pintu masuknya.” Terlihat kalimat “Selamat Datang” sebagai sapaan untuk turis Indonesia. Selain itu, ada juga bendera Indonesia berkibar bersamaan dengan bendera lainnya.

 

  • Ada Restoran Halal

Nami Island menyambut semua turis dengan tangan terbuka. Termasuk turis muslim dengan menghadirkan restoran halal. Di Gedung Baplex, ada restoran bernama Asian Family Restaurant Dongmoon. Restoran yang mendapat sertifikat halal pada 2014 ini menyajikan menu masakan Asia. Mulai dari Nasi Goreng khas Indonesia, Mie Tom Yam dari Thailand juga makanan Korea seperti Bibimbap, Bulgogi dan Jajangmyeon. Bagi turis yang selama ini sulit mencari makanan khas Korea yang halal, bisa langsung mencobanya di sini. Makan enak dan juga tenang.



 

  • Tersedia Mushola Nyaman

Di lantai dua Gedung Baplex, tepat di atas Restoran Dongmoon, ada mushola sebagai fasilitas ibadah umat Muslim. Mushola yang dapat menampung lebih dari 100 orang ini menyediakan mukena, pentunjuk arah shalat, sajadah sampai Al-Quran. Tempat shalat dan tempat wudhu yang dipisah antara wanita dan pria membuat mushola ini sangat nyaman.

 

Bagaimana? Apakah tertarik untuk mengunjungi Nami Island? Cek aplikasi Halalstyle untuk dapat jalan – jalan ke Nami Island.

 

Asri Mirza

Foto: Agung Hariyono