6 Bahan Pengganti Alkohol, agar Masakan Tetap Halal

6 Bahan Pengganti Alkohol, agar Masakan Tetap Halal

Dalam masakan barat atau Asia Timur kerap ditemukan bahan alkohol sebagai salah satu bahan masakan. Sebagai muslim tentu saja makanan-makanan tersebut haram untuk dikonsumsi karena kandungan alkohol didalamnya. 


Namun, tidak usah khawatir karena kita tetap bisa memasak masakan tersebut dengan bahan-bahan pengganti. Rasa masakan tetap lezat dan tentu saja halal. 


1. Anggur Putih -> Air Lemon

Dalam masakan Risotto ada bahan anggur putih sebagai salah satu bahannya. Anggur putih bisa diganti dengan perasaan air lemon. Rasa ringan, segar dan asam berpadu sempurna dengan nasi putih dalam masakan Risotto. Kamu hanya tinggal mengencerkan air lemon dengan sedikit air atau kaldu ayam, untuk pengganti anggur putih. 


2. Anggur Merah -> Jus Anggur atau Jus Delima

Jus Anggur atau Jus Delima akan memberikan rasa manis dan warna merah yang pekat seperti ketika kita memakai anggur merah sebagai bahan masakan. Rasa asam dari jus juga kurang lebih terasa sama dengan anggur merah. 


3. Cognac -> Sari Buah Persik/Aprikot/Pir

Dalam pembuatan saus untuk steak, beberapa masakan menggunakan cognac sebagai salah satu bahannya. Fungsinya adalah agar saus lebih kental, gurih dan lezat. Fungsi serupa bisa didapat ketika kita mengganti cognac dengan sari buah persik, aprikot atau pir. 


4. Sake/Mirin -> Cuka Beras

Masakan Asia Timur sering menggunakan sake atau mirin sebagai bahan marinasi. Kita bisa menggantinya dengan cuka beras. Rasa manis sekaligus asin akan tetap didapat ketika kita mengganti sake dengan cuka beras. 


5. Bir -> Air Soda

Beberapa menu sering memakai bir sebagai bahan campuran dalam pembuatan tempura, adonan ayam goreng atau adonan lainnya. Tapi bir bisa diganti dengan soda. Fungsinya tetap sama yaitu membuat adonan mengembang sehingga makanan menjadi empuk di dalam dan garing luarnya. 


6. Ekstrak Vanila -> Biji Vanila

Saat membuat dessert, penggunaan ekstrak vanilla diperlukan untuk membuat adonan menjadi wangi. Tapi karena beberapa ekstrak vanila ada yang diolah dengan alkohol, maka lebih baik gunakan biji vanila. Caranya kerok biji vanila, masukan dalam kaleng gula. Diamkan beberapa waktu. Gula dengan biji vanila ini akan menjadi sangat harum. 


Asri

Foto: Instagram @badoquecafe