5 Fakta Wagyu, Daging Sapi Jepang Premium. Halalkah?

5 Fakta Wagyu, Daging Sapi Jepang Premium. Halalkah?

Salah satu primadona dalam dunia masakan ini termasuk bahan mewah yang bisa ditemukan di restoran-restoran Jepang. Wagyu memiliki arti daging sapi Jepang. 




Sapi Jepang dan Eropa

Sejarah Wagyu dimulai ketika pada abad ke-20, peternak Jepang mulai mengembangbiakkan sapi lokal Jepang dengan sapi Eropa terbaik. Pengembangbiakkan ini menghasilkan daging sapi yang lembut dan banyak disukai para pecinta daging. 


Istimewanya Wagyu

Yang menjadikan wagyu istimewa adalah marbling, yaitu pola lemak yang terdapat dalam daging wagyu. Dilansir dari savorjapan.com, marbling lemak di otot membantu mendistribusikan rasa melalui daging. Saat dimasak, lemak ini meleleh untuk menciptakan tekstur yang halus, lembut, dan juicy pada daging.




Diternak dengan Teknik Khusus

Untuk menghasilkan daging wagyu terbaik, peternak melakukan berbagai teknik khusus agar sapi rileks sehingga dagingnya berkualitas. Mulai dari pemijatan pada sapi , penerangan yang cukup di kandang, pakan yang sehat, lingkungan peternakan yang bersih dan terawat, serta diputarnya musik untuk membuat sapi merasa santai. 




Sapi Wagyu Diberikan Bir?

Teknik khusus lain yang beredar adalah petani wagyu memberikan bir untuk sapinya. Namun, dilansir dari fooddiversity.today, Mr.Lee, spesialis butcher dari Kobe Motomachi Tatsuya, perusahaan yang mendistribusikan daging sapi kobe halal ke seluruh Jepang, menyangkal hal tersebut. 


"Kebanyakan petani wagyu melakukan hal-hal dasar untuk menciptakan lingkungan tenang bagi sapi mereka, daripada membiarkan mereka minum bir. Mereka berfokus untuk membuat sapi hidup sebebas mungkin dari stres, dengan memahami kepribadian masing-masing sapi," ungkap Mr.Lee.


Hal ini juga disebutkan oleh Mr. Yoshinori Nakanishi, seorang peternak sapi Kobe yang telah menggeluti bisnis ini selama hampir 40 tahun. “Baik saya maupun peternak sapi yang saya kenal tidak akan pernah bermimpi memberikan bir kepada sapi,” katanya, seperti dikutip dari Japan Times.



Wagyu Halal di Jepang Mudah Ditemukan

Kabar yang menyebutkan sapi wagyu diberikan bir tentu membuat umat muslim ragu untuk mengonsumsi daging wagyu. Namun, tidak perlu khawatir karena daging wagyu halal dibiakkan hati-hati dengan pakan kombinasi biji-bijian yang bagus, disembelih dengan cara Syariah di rumah potong hewan bersertifikat halal dengan staf Muslim.


Yang penasaran dengan kelezatan wagyu bisa mencobanya di berbagai restoran di Jepang. Di Tokyo, ada restoran yang menyediakan wagyu halal, diantaranya adalah: Gonpachi Asakusa Azumabashi, Shabu-Shabu Asakusa Nagomi, Sumiyakiya Nishiazabu, Kochuan dan Yokohama Seryna Romanchaya. 


Asri

Foto: savorjapan.com