5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia

5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar, membuat Indonesia harus mengembangkan pariwisata yang ramah untuk muslim. Beberapa langkah pengembangan wisata ramah adalah menyediakan kebutuhan dasar wisatawan muslim. Misalnya menyediakan air untuk bersuci, makanan halal, fasilitas ibadah yang memadai, paket wisata halal dan lainnya. 

Berdasarkan Lembaga Riset dan Sertifikasi Halal Crescent Rating, ada 5 destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Berikut daftarnya:

1.Lombok
Selain memiliki keindahan alam yang memesona, Lombok juga masuk dalam destinasi wisata ramah muslim. Bahkan pernah menjadi peringkat pertama wisata halal di Indonesia versi Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019.

Kemenangan itu tidak bisa dipisahkan daei kelengkapan fasilitas untuk muslim. Lombok memiliki 60 restoran dan hotel bersertifikat halal, 8000 lebih masjid, 25 situs heritage Islam, paket wisata halal dan banyak lagi. 

2.Aceh
Aceh yang dijuluki sebagai Serambi Mekah memiliki tempat wisata ramah muslim. Ada Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman dan pantai-pantai cantik untuk dikunjungi. 

Sultan Iskandar Muda International Airport di Aceh pernah meraih World's Best Airport for Halal Travelers. Berdasarkan IMTI, Aceh menduduk peringkat ke-2 wisata ramah muslim di Indonesia. 

3.Sumatera Barat
Pada World Halal Tourism Award 2016, Sumatera Barat meraih 3 penghargaan. World's Best Halal Tour Operator, World's Best Halal Destination dan World's Best Halal Culinary Destinantiin.

Untuk pengoptimalan wisata ramah muslim, harus dibarengi dengan dibangunnya rumah ibadah di seluruh destinasi wisata, menambah tempat kuliner bersertifikat halal.

4.Kepulauan Riau
Salah satu faktor pendukung Kepulauan Riau menjadi destinasi wisata ramah muslim adalah adanya dua bandara internasional. Lalu banyaknya tempat wisata berbasis ramah muslim seperti Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat menjadi faktor pendukung juga. 

5.Jakarta
Ibukota Indonesia, Jakarta menjadi salah satu tujuan wisata ramah muslim. Ada 500 lebih restoran bersertifikat halal,  5 hotel syariah, 7000 lebih masjid, 20 situs heritage Islam dan 19 muslim friendly attraction. 

Pada World Halal Tourism Award 2016, Jakarta meraih penghargaan World's Best Hajj & Umrah Operator. 

Sumber: kemenparekraf.go.id
Foto: Asri