4 Kuliner Lezat dari Tegal

4 Kuliner Lezat dari Tegal

Letak Tegal yang merupakan penghubung antara provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah membuat kota ini sering dikunjungi wisatawan. Di musim mudik, Tegal menjadi salah satu wilayah yang paling sering dikunjungi. 


Tegal punya kuliner khas yang wajib untuk dicoba. Berikut adalah 4 kuliner lezat dari Tegal!



Sate Kambing Tegal

Sate Kambing khas Tegal menggunakan daging kambing muda yang usianya dibawah lima bulan (balibul). Karena menggunakan daging kambing muda, maka dagingnya akan terasa lebih empuk dengan aroma khas kambing muda. Rasanya lebih enak meski tidak dioles banyak bumbu. 

Foto: Instagram @satekambingmuda.cempelemu



Kupat Glabed

Dinamakan Kupat Glabed karena kuah kuning yang kental (ngglabed). Di sepiring Kupat Glabed kita akan menemukan potongan lontong, ayam (utuh ataupun suwir), kuah kuning kental serta yang khas, kerupuk kuning yang diremukan. Rasanya yang gurih sedikit mirip dengan Opor Ayam. Ada pula Sate Kikil dan Sate Kerang sebagai pelengkap.

Foto: Instagram @kupatsate_blengong



Sauto Tauco Tegal

Ini adalah soto namun dengan kombinasi rasa asin, manis dan asam. Sauto Tauco Tegal disajikan dalam mangkok kecil dengan isian mirip soto lainnya. Mulai suwiran ayam atau potongan daging sapi, toge, taburan bawang goreng dan lainnya. Yang membedakan ada tambahan tauco di Soto Tegal. 

Instagram @sotokhastegalamir



Tahu Aci

Kuliner satu ini merupakan kudapan favorit yang rasanya ngangenin. Terbuat dari adonan tepung tapioka yang digoreng bersama potongan tahu. Disantap selagi hangat dengan cabe rawit plus kecap membuat kita tanpa sadar terus-terusan menyantapnya. 

Foto: Instagram @tahuaci_tuman