4 Gedung Kelas Dunia di Seoul ini Memiliki Arsitektur Unik

4 Gedung Kelas Dunia di Seoul ini Memiliki Arsitektur Unik

Selain drama dan musiknya, Korea Selatan juga dikenal dengan pariwisatanya. Hampir semua tempat di Korea, khususnya di Seoul dibuat sangat nyaman untuk dikunjungi turis. Gedung-gedung dengan arsitektur unik pun sering kita jumpai saat berjalan-jalan di Seoul. 


Ada 4 bangunan yang arsitekturnya unik dan menarik. Hanya memandanginya, juga berfoto di depannya, sudah membuat turis senang. Apa saja 4 gedung dengan arsitektur super keren dan unik ini? Berikut daftarnya! 



1. Dongdaemun Design Plaza 

Bangunan yang biasa disingkat dengan DDP ini memiliki arsitektur yang futuristik. Bila dilihat dari kejauhan, DDP terlihat seperti UFO. Warna silver dan desain bulat juga lonjong adalah satu satu alasannya. 


Arsitek DDP adalah Zaha Hadid, arsitek asal Irak yang meraih Pritzker Architecture Prize. Ciri khas arsitekturnya memang selalu unik. Bisa dilihat juga di bangunan Pusat Budaya di Baku, Azerbaijan dan bangunan Museum Transport Glasgow di Skotlandia. 


DDP sering dijadikan venue untuk konser atau acara penghargaan. Juga sering muncul dalam drama Korea, contohnya adalah Record of Youth, My Love from The Star, dan banyak lagi. 




2. Kyobo Tower

Di daerah elit Gangnam, kamu akan menemukan gedung dengan batu bata merah yang dinamai Kyobo Tower. Gedung kembar ini didesain oleh Mario Botta asal Swiss. Ada jembatan dari kaca transparan yang menghubungkan gedung satu dengan lainnya. 


Mario Botta adalah arsitek yang terkenal di dunia. Botta mendesain Museum of Modern Art di San Fransisco. Untuk Kyobo Tower, Botta menginginkan sebuah gedung yang menjadi simbol Gangnam. Gedung yang unik dan kuat.




3.Jongno Tower

Di tengah kota Seoul, tepatnya di daerah Jongno, ada bangunan bernama Jongno Tower yang menarik perhatian. Gedung ini memiliki tiga pilar yang menopang sebuah bangunan di lantai atas, sehingga seolah-olah bangunan itu melayang. 


Arsiteknya adalah seorang Amerika Serikat bernama Rafael Vinoly. Dia terkenal sebagai arsitek yang selalu memastikan agar bangunan selaras dengan pemandangan kota. 




4. Galleria Department Store Apgujeong

Saat mengunjungi Seoul, cobalah untuk pergi ke daerah Apgujeong. Di sana ada sebuah bangunan department store yang menampilkan sebuah fasad yang menarik. 


Fasad toko ini direnovasi oleh arsitek asal Belanda bernama Ben van Berkel pada 2003. Ben mengubah fasad menjadi pertunjuman lampu LED yang indah. 


Fasad Galleria Department Store, yang sepenuhnya tertutup oleh serangkaian cakram kaca buram yang diterangi oleh lebih dari 4.500 lampu LED yang berubah warna, memberikan pemandangan malam Seoul yang menakjubkan.


Asri Mirza

Foto: Brosur Seoul World Cultures