3 Pulau di Kalimantan Timur, Dekat dengan Ibukota Baru ini Cantiknya Bikin Betah

3 Pulau di Kalimantan Timur, Dekat dengan Ibukota Baru ini Cantiknya Bikin Betah

Pada 26 Agustus 2019 lalu, Presiden Jokowi mengumumkan lokasi ibukota baru yaitu di Kalimantan Timur. Masih banyak hal yang harus dilakukan pemerintah untuk proses pemindahan ibukota ini. Namun yang pasti di Kalimantan Timur ada tiga pulau yang cantiknya bakal bikin kita nggak mau pulang. Pulau apa saja?

 

1.        Pulau Derawan

Pulau Derawan disebut-sebut memiliki banyak keunggulan. Mulai dari indahnya terumbu karang, ikan-ikan karang cantik yang banyak jumlahnya, juga hutan mangrove yang terjaga keasriannya. Karena itu Pulau Derawan tidak pernah sepi dari pengunjung. Terutama bagi pecinta laut dan pemandangan bawah laut. Wajar kan kalau pengunjung selalu betah saat berkunjung ke Pulau Derawan. Soalnya selain bisa menikmati keindahan bawah laut, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan memberi makan ikan. 



 

2.        Pulau Kakaban

Di Pulau Kakaban ada danau yang terisi dari campuran air hujan dan rembesan air laut bernama Danau Kakaban. Di danau inilah hidup ubur-ubur yang tidak menyengat. Diperkirakan ubur-ubur di Danau Kakaban terperangkap dan berevolusi untuk bertahan hidup. Berenang bersama ubur-ubur yang kenyal ini tentunya menjadi sensasi tersendiri yang membuat wisata ke Pulau Kakaban menjadi hal yang selalu bikin kangen. 



 

3.          Pulau Maratua

Setidaknya ada 21 titik penyelaman yang bisa dicoba di Pulau Maratua. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan penyu hijau dan ikan pari raksasa. Selain itu, penyelam juga bisa bertemu dengan ikan-ikan cantik seperti lion fish, ikan kakatua, ikan opkis dan banyak lagi. Di Pulau Maratua, kamu juga bisa melihat banyak penyu di pulau ini. Keluarlah di malam hari untuk melihat proses penyu bertelur secara alami. 



 

Asri Mirza

Foto: Wonderful Indonesia