10 Danau di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan

10 Danau di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan

Sebagai negara yang memiliki alam indah, Indonesia tentu saja memiliki danau yang keindahannya sangat memesona. Dilansir dari Kemenparekraf.go.id, inilah 10 danau terindah di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah!


1. Danau Toba

Tak cuma menjadi danau terluas di Indonesia, Danau Toba juga merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil) dengan kedalaman mencapai 505 meter sehingga Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia.


2. Danau Towuti

Danau tektonik yang berusia jutaan tahun ini berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Danau ini merupakan salah satu dari 12 danau purba yang ada di dunia.


3. Danau Ranau

Jika melihat dari volume airnya, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Indonesia. Di tengah danau yang berlokasi di perbatasan antara provinsi Lampung dan Sumatera Selatan ini terdapat Pulau Marisa yang menjadi salah satu destinasi wisata karena adanya pemandian air panas alami.


4. Danau Singkarak

Berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Danau Singkarak menawarkan pemandangan memesona dan kerap dijadikan salah satu destinasi wisata wajib jika datang ke provinsi tersebut. Memiliki luas permukaan 107,8 km persegi, Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. 


5. Danau Matano

Sulawesi Selatan memiliki Danau Matano yang merupakan danau paling dalam di Indonesia bahkan di Asia Tenggara dan menempati urutan ke-11 di dunia dengan kedalaman 590 meter. Keindahan alam di kawasan danau ini menjadikannya salah satu destinasi wisata alam di Sulawesi Selatan.


6. Danau Poso

Di Poso, Sulawesi Tengah, terdapat danau tektonik purba yakni Danau Poso. Danau ini memiliki panjang 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan 323 km persegi, dengan kedalaman mencapai 450 meter membuat Danau Poso menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia. Danau ini memiliki pasir yang berwarna kuning keemasan.


7. Danau Sentani

Danau ini membentang dari Kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura. Setiap bulan Juni, digelar Festival Danau Sentani yang  menampilkan berbagai pertunjukkan adat. Diselenggarakan di sekitar danau, festival ini selalu berhasil mengundang wisatawan untuk berkunjung. 


8. Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan danau berjenis floodplain yang terletak di Kalimantan Barat. Sebagai danau musiman, danau ini akan dipenuhi air selama 10 bulan di setiap tahunnya. Sedangkan di bulan-bulan berikutnya, danau ini akan surut dan membentuk kolam-kolam kecil.


9. Danau Paniai

Sebaiknya siapkan jaket tebal jika mau berkunjung ke danau satu ini. Pasalnya Danau Paniai berada di ketinggian 1.742 mdpl yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau ini mempunyai luas permukaan 195 km persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 50 meter.


10. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dengan luas mencapai 99,5 km persegi dengan kedalaman maksimal 165 m, salah satu danau terbesar di Indonesia ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan dikelilingi pegunungan. Untuk mencapai ke danau ini, siap-siap melewati Kelok 44 yang terkenal curam.


Foto: Shutterstock/Zulfikri Sasma