Jakarta kini menjadi destinasi Halalstyle Traveler

Jakarta kini menjadi destinasi Halalstyle Traveler

26 Mar 2018


Sebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta cukup mewakili keragama. Hal itu dikarenakan Jakarta adalah tujuan urbanisasi berbagai suku bangsa di Indonesia, bahkan dunia. 

Terkait rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mewujudkan destinasi wisata halal pada tahun 2020, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati mengaku optimis. Banyak infrastruktur dan fasilitas yang perlu dipersiapkan. Selain itu kami harus menyesuaikan program-program gubernur yang baru dengan anggaran yang lama. Sekarang sedang dirancang anggarannya agar bisa optimal di tahun 2019, jadi semuanya baru bisa 100 persen tahun depan

Soal lokasi yang akan dijadikan destinasi wisata halal, dalam wawancara terpisah Sandi mengatakan kalau Pemprov DKI Jakarta mendorong beberapa kawasan di Jakarta sebagai proyek percontohan.Kota Tua dan Kepulauan Seribu bisa masuk destinasi wisata halal dunia, sama seperti Lombok.
 
Dimulai dari kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan. 

Menurut masterplan, perkampungan budaya Betawi yang didirikan pada 18 Agustus 2000 ini, akan memiliki luas sekitar 289 hektare yang terdiri dari lima zona yaitu zona A, zona B, zona C, zona embrio, dan zona pengembangan sarana dan prasarana. 

Kelima zona tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Saat ini pihak UPK Perkampungan Budaya Betawi sedang fokus menata Zona A yang difungsikan sebagai wadah pelestarian dan pengembangan serta pergelaran seni budaya Betawi secara formal.